Menurut
sebuah sumber yang susah penulis untuk melacak asalnya pada dasarnya
selalu ada tiga pilar utama permasalahan yang harus selalu diperhatikan
dan diselesaikan dalam pengembangan sekolah pada umumnya. saya tulis
pada umumnya memang saya saat ini tidak sedang berbicara tentang sekolah
tertentu. Ketiga pilar utama permasalahan yang perlu perhatian
tersebut adalah sebagai berikut.
Managemen
sekolah sebagai pilar pertama menyangkut tiga aspekpenting yang harus
diperhatikan; (1) system pendidikan, (2) system organisasi serta (3)
sarana and prasarana sekolah. Pilar ini sangat penting bagi perkembangan
sekolah karena keberadaan pilar ini menentukan efektifitas and
efiseiensi penyelenggraraan sekolah, serta akuntabilitas yang pada
akhirnya nanti akan berpengaruh pada kepercayaan masyarakat terhadap
sekolah tersebut.
Sumber
daya manusia sebagi pilar kedua juga perlu diperhatikan
pengembangannya. Sumberdaya manusia di sekolah itu terdiri dari kepala
sekolah, guru, karyawan non kependidikan serta siswa. Seluruh SDM
dimaksud sangat perlu mendapatkan perhatian dan pengembangan yang
semetinya, karena pengembangan sumberdaya manusia di sekolah akan
menentukan seberepa besar and tingginya tingkat pengetahuan yg dimiliki
anggota organisasi sekolah tersebut. Tingkat pengetahuan anggota sebuah
organisasi sekolah juga pada akhirnya akan menentukan seberapa hebat and
cakap ketrampilan yg dikuasai mereka Sementara pengetahuan and
ketrampilan yg dikuasai tersebut akan berpengaruh pada paradigma mereka
tentang pendidikan. Paradigm mereka sebagi angota civitas akademika
sekolah akan berpengaruh terhadap tingkah laku and idealism mereka. dan
kesemuanya akan bermuara pada bermutu tidaknya sebuah sekolah.
untuk
masalah peningkatan sumberdaya manusia ini kami bisa membantu dan
melayani baik keperluan sekolah sekolah tradisonal maupun sekolah yang
mencoba menerapkan paradigma pendidikan abad 21. Oleh karena itu
pelatihan yang kami tawarkan kami buatkan daftar campuran anatar
keperluan sekolah tradisional dan modern, bagi yang perlu ya pilih
sendiri jenis pengembangn mana yang diinginkan. Macam macam pelatihan
dan pengembangan yang kami siapkan diantaranya adalah
sebagai berikut :
· Pelatihan dibidang etika profesi
· Pelatiahn dibidang motivasi.
· Pelatihan manajemen.
· Pelatihan pengembangan KTSP
· Pelatihan pembuatan silabus and RPP
· Pelatihan tehnik evaluasi and pengemebangan assessment siswa.
· Pelatihan kepemimpinan.
· Pelatihan penentuan KKM/ SKBM
· Pelatihan analisa butir soal
· Pelatihan pembuatan Program tahunan and program semester.
· Pelatihan penelitian tindakan kelas.
· Pelatihan pembauatan kisi kisis soal.
· Pelatiahan penulsan ilamiah and popular.
· Pelatihan pembuatan rencana pengembangan sekolah.
· Pelatihan pengembangan TQM (total quality management ) and TCS (total customers’ satisfaction)
· Pelatihan pembuatan presentasi dg Powerpoint
· pelatihan bahasa inggris.
· Pelatihan computer.
· Pelatihan management kelas
· Pelatihan management tingkah laku
· Pelatihan pengemebnagn otak kiri and otak kanan.
· Pelatihan Pengembangan kecerdasan ganda (multiple intelegences)
· Pelatihan Contextual teaching learning (CTL)
· Pelatiaan Quantum learning
· Pelatihan pelaksanaan Student centered0Learning
· Pelatihan integrated learning
· Pelatihan mind mapping and spider web.
· Pelatihan metodologi pengajaran.
· Pelatihan ATL (approaches to learning)
· Pelatihan penggunaan Bloom’s taxonomy dalam pembelajaran.
· Pelatihan tentang pengajaran and bagaiamana menjadi guru yang baik.
· Pemantapan tujuan pengembangan sekolah.
· Pelatiahn penangan kasus siswa.
· Pelatiahan pengembangan leadership dalm pengajaran.
· Pelatihan pengembangan entrepreneurship dalam pengajaran.
· Pelatiahan pengajaran life skills.
· Pelatihan tentang narkoba
· Pelatiahan tentang bahaya sex bebas
· Pelatiahan tentang Problem –based learning.
· Pelatiahan metodologi pengajaran.
· Pelatiahan ESQ
· Pelatiahan school based management.
:
Pilar
yang terakhir, adalah keterlibatan masyarakat. Pada dasarnya sekolah
adalah milik masyarakatnya. Ibarat sekolah itu ikan maka masyarakat
adalah airnya, oleh karena itu sekolah tidak bisa dipisahkan dari
masyarakat sekitarnya sebagai stakeholders. Oleh karena itu sudah
selayaknya sekolah memperhatikan dan menjaga hubungan baik dengan mereka
( orang tua, lingkungan sekitar, dan dunia usaha), karena melibatkan
masyarakat dalam proses pendidikan disekolah akan menuai keasadaran
masyarakat akan arti sekolah dan institusi sekolahnya. Kesadaran itu
akan berbuah dukungan positif pada keberadaan sekolah, dan akhirnya
partisipasi aktif masyarakatpun , dalam jangka panjang, bisa juga kita
menangkan.
Dengan
begitu, jelaslah kiranya bila sekolah perlu meningkatkan dan menjaga
ketiga pilar penopang sekolah diatas. Dalam hal peningkatan kwalitas
ketiga pilar diatas bisa dilakukan melewati tiga jalur pengembangan and
peningkatan. Jalur pertama adalah peningkatan kwaliatas and kelengakapan
administrasinya jalur kedua adalah peningkatan pada mutu sumberdaya
manusianya dan yang terakhir adalh peningkatan mutu and kelengkapan
sarana and prasarana pendidikannya.
sumber : berbagai buku
apabila hal yg di sebut di atas bisa di realisasikan pada semua sekolah yg ada di masalembu,sangatlah akan berdampak yg sangat bagus terhadap kehidupan generasi muda di masa yg akan datang.