M
araknya aplikasi rangka super enteng berbahan aluminium atau titanium pada drag skubek tidak membuat Arif Mutaqin berhenti riset rangka bawaan pabrik. Terbukti pada Yamaha Mio 2008 garapannya yang masih bisa melesat kencang meski hanya bermodal frame asli.
Lewat pembalapnya M. Hambali yang turun di kelas 155 cc pada ajang Day Battle KYT Drag Bike 201M Championship 2010 di Sirkuit PRJ, Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu mampu menorehkan catatan waktu 9,033 detik.
"Memang sekarang penggunaan rangka aluminium jadi solusi praktis untuk mereduksi bobot motor, tapi pakai asli masih bisa diandalkan kok," ujar Arif Mutaqin, tuner bengkel RFT Riftech yang membawa M. Hambali podium 1 di kelas matik 4-tak s/d 155 cc.
Rangka bawaan Mio bobotnya memang mengalami penurunan dari aslinya 14 kg. "Hampir seluruh tulang rangka dikurangi, namun tidak sampai mengubah struktur frame asli bawaan motor, setelah dikurangi sana-sini jadi tinggal 8 kg," ujar Arif mekanik dan pemilik bengkel Rif Tech di Asem Gede, Jakarta Timur.
Untuk mengurangi bobot, cara yang dipakai memang masih manual. Memotong bagian rangka pakai gerinda tangan. "Pada sambungan asli tidak diutak-atik karena jadi kekuatan rangka untuk menopang mesin dan joki," bilang Arif yang juga sudah menambah pipa tambahan pada tulang tengah.
Ngomong dapur pacu, dibekali piston 56 mm dari produk aftermarket. Untuk mengail kapasitas silinder lebih, Arif mengakali dengan pola naik stroke. "Setang masih standar cuma stroke naik 1,5 mm," sebut mekanik bertubuh gempal ini.
Kepala silinder juga mengalami penyesuaian. Untuk klep in dipatok 28 mm dan ex 24 mm. "Lubang-lubang cuma diporting polis aja," ujar Arif yang patok kompresi Mio ini 12 : 1.
Suplai bahan bakar dilayani Keihin PE 28 main-jet 115 dan pilot-jet 45. "Untuk sektor pengapian, dirasa cukup mumpuni dengan hanya mengandalkan koil TDR dan CDI Fino," lanjut Arif lagi.
Masuk areal CVT, pastinya dibutuhkan seting yang pas buat trek 201 meter. Sebagai pilihan dipasang roller 10 gram," jelas mekanik yang pengecatan motornya diserahkan ke JJ Airbrush.
DATA MODIFIKASIPelek : 17 X 120
Ban depan : IRC 17/45/90
Ban belakang : Comet 17/60/80